Tahap psikolog usia 19/20
TahunMasa remaja adalah masa yang sangat halus dalam kehidupan seseorang. Ini membangkitkan konflik internal berbagai, sebagai remaja bukanlah anak dan juga orang dewasa belum. Ini adalah periode yang sangat menantang bagi orang tua juga, sebagai remaja orangtua melibatkan mengatasi suasana hati mereka dan perubahan perilaku. Pada dasarnya ada tiga tahap yang dilewati setiap anak, meskipun usia dan durasi di mana anak mengalaminya bervariasi.Pertama Awal Tahap (12-14 tahun), yakni tahap melepaskan diri dari masa kanak kanak. Ini adalah yang pertama di antara tahap perkembangan remaja. Hal ini biasanya dialami antara tahun 12 dan 14. Ini adalah karakteristik yang ditampilkan oleh mereka selama tahap awal.*.Dalam tahap ini, para remaja masih bingung untuk berdamai dengan siapa di dalam diri mereka. Mereka mengalami kemurungan dan sering marah.*.Mereka masih mengembangkan keterampilan komunikasi, sehingga mereka mengekspresikan diri mereka lebih baik dengan tindakan bukan dengan kata-kata.*.Selama awal masa remaja, gadis-gadis mengungguli laki-laki dan mengembangkan keterampilan lebih cepat. Ada kecenderungan untuk memamerkan keterampilan seseorang dalam kualitas.*.Ikatan keluarga yang lemah dan orang tua tidak lagi mendongak untuk seperti sebelumnya. Ada kepercayaan lebih dalam persahabatan palsu di luar rumah.*.Rasa dan kepentingan tergantung dari teman-teman. Persahabatan sebagian besar di antara jenis kelamin yang sama.*.Kadang-kadang, remaja akan menampilkan perilaku kekanak-kanakan.*.Remaja ingin bereksperimen dengan tubuh mereka dan dengan demikian mencoba untuk masturbasi. Remaja masih menemukan seksualitas mereka dan mungkin khawatir apakah mereka secara seksual normal atau tidak.*.Remaja dapat bereksperimen dengan zatterlarang, seperti rokok atau alkohol.Kemudian tahapan menjemput dewasa. Tahapan ini terbagi dua tahapan, antara lain Tahap Tengah (14-17 tahun) Hal ini dialami oleh remaja antara tahun 14 dan 17. Berikut adalah beberapa karakteristik yang ditampilkan oleh mereka selama tahap tengah.*.Ada rasa ragu dikembangkan dari identitas diri. Fokus bergeser pada perbaikan diri.*.Remaja memberikan tekanan besar pada tubuh dan penampilan luar. Perubahan dalam tubuh karena pubertasdapat membuat mereka sadar diri tentang tubuh mereka. Kadang-kadang, remaja yang mungkin merasa sangat rendah kepada orang lain juga.*.Hubungan dengan orang tua menjadi situasional dan menyebabkan stres. Remaja menemukan orang tuanya mengganggu dan dengan demikian, secara emosional dapat menarik diri darimereka. Para remaja mungkin merasa bahwa ia telah kehilangan dukungan dariorang tuanya dan ini mungkin membuat dia merasa sedih dan kesepian.*.Fokus dari remaja adalah untuk membuat teman baru. Remaja mengidentifikasi dengan kelompok sebayanya.*.Perkembangan intelektual mulai berlangsung. Remaja mulai menganalisis diri sejatinya.*.Remaja memiliki energi seksual tinggi dan mungkin mengalami cinta dan gairahuntuk pertama kalinya. Para remaja membentuk hubungan dengan lawan jenis dan dapat masuk dan keluar hubungan sangat cepat. Remaja masih menemukan seksualitas, menganggap homoseksualitas dan heteroseksualitas baik. Pendidikan seks pada tahap ini, dengan demikian, sangat penting.*.Rasa moralitas dan etika berkembang di remaja.*.Remaja memilih model perannya dan bahkan menetapkan tujuan untuk dirinyasendiri.Selanjutnya adalah Akhir Tahap (17-19 tahun) Tahap ini dialami antara tahun 17 dan 19. Berikut adalah karakteristik yang ditampilkan oleh remaja.*.Rasa identitas diri memperdalam dan remaja mengembangkan rasa harga diri.*.Perkembangan intelektual berlangsung. Keterampilan komunikasi yang dikembangkan dan remaja mampu mengekspresikan dirinya dengan baik.*.Stabilitas dalam emosi dan kepentingan yang dipamerkan. Remaja mulai mengambil hubungan dengan lawan jenis serius.*.Remaja mampu mengambil keputusan independen dan mulai mengandalkan dirinya sendiri daripada orang tuanya atau teman-teman.*.Remaja kehilangan sifat kanak-kanak khas keras kepala dan mampu berkompromi pada berbagai isu.*.Remaja mulai berpikir tentang masa depan untuk pertama kalinya.*.Remaja mulai mempertanyakan keberadaannya - tentang apa peran dia akan bermain di dunia.*.Dia mengidentifikasi preferensi seksualnya dan mampu mengungkapkancinta dan kepedulian terhadap orang lain.*.Remaja mulai menerima lembaga-lembaga sosial dan tradisi.Jika seorang anak menampilkan perilaku menyimpang dari yang disebutkan di atas tahap pembangunan, ia mungkin akan menghadapi beberapa masalah perilaku. Dalam skenario seperti itu, konsultasi psikolog dianjurkan.Mendidik Anak Usia 17 TahunUsia 17 tahun adalah usia transisi. Di manapada saat itu seorang anak mulai mendapatkan pengaruh dari lingkungan eksternal. Selain itu, pada usia tersebut, tingkat kekritisan seseorang mulai berkembang. Sehingga orang tua harus mampu bersikap bijak dalam mengarahkan seorang anak agar bisa tetap tumbuh dan berkembang dengan sehat, tanpa mengesampingkan peran kontrol.Untuk itu orang tua haruslah mampu bersikap seperti :1.Berikanlah kepercayaan kepada seoranganak untuk bersikap dan memilih. Janganperlakukan anak usia17 tahunseperti anak kecil yang harus selalu dibimbing.2.Apabila ada kesalahan dalam pengambilan keputusan seorang anak, jangan terburu-buru menyalahkan. Kedepankan komunikasi dan ajak seorang anak berdialog tentang penyebab kesalahan tersebut serta dasar apa yang digunakan dalam pengambilan keputusan tersebut. Dari sana, orang tua harus berperan untuk meluruskan kesalahan dan bukan menyalahkan. Dengan menunjukkan kesalahan, maka seorang anak bisa mendapatkan pengalaman atas kesalahan yang dilakukannya.3.Tanyakan selalu alasan atas sebuah pemikiran seorang anak. Dengan bertanya pada sebuah alasan, maka anak akan terbiasa untuk berpikir mendalam atas pemikirannya tersebut, serta menjadikan seorang anak bisa belajar berargumentasi dan melatih kepercayaan diri seorang anak.4.Apabila anak hendak melakukan sebuah aktivitas yang menurut orang tua salah, hendaknya bukan sikap represif yang dikedepankan. Melainkan orang tua harus bisa menunjukkan dampak apabilaseorang anak melakukan aktivitas tersebut. Selanjutnya, berikan kesempatan anak untuk berpikir apakah hendak melanjutkan aktivitas tersebut atau tidak. Sehingga, hal ini bisa menumbuhkan kesadaran seorang anak.Berbeda jika kita sekedar melarang tanpa memberikan alasan, bisa jadi sanganak akan melakukan aktivitas tersebut tanpa sepengetahuan orang tuanya. Dan hal ini justru bisa lebih berbahaya.Tolong di SHARE :
Komentar
Posting Komentar