Pembelajaran membaca
Seputar Bahasa Indonesia: Keterampilan Membaca ... Sikap positif terhadap bacaan dan terhadap belajar membaca .... Membaca kreatif atau Dictionary of Reading merupakan proses membaca ..
Daftar Isi
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
II. Teori Membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi
A. Teori Membaca
B. Faktor-faktor yang mempengaruhi membaca
1. Faktor Intelegensia
2. Faktor Sikap
3. Faktor Perbedaan kelamin
4. Faktor Penguasaan Bahasa
5. Faktor Status Sosial-Ekonomi
6. Faktor Bahan Bacaan
7. Faktor Guru
C. Jenis-jenis membaca
1. Membaca Dalam Hati
2. Membaca Cepat
3. Membaca Kritis
4. Membaca Kreatif
III. Aplikasi Pengembangan Pembelajaran Membaca Bahasa Indonesia
A. Model keterampilan membaca cepat
B. Model keterampilan membaca dengan SQ3R
C. Model keterampilan membaca Intensif dengan Teknik Scramble
D. Model keterampilan membaca dengan teknik keterampilan proses
IV. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Membaca di Sekolah Menengah Pertama
B. Evaluasi Membaca
C. Lembar Evaluasi
D. Peristilahan
E. Rangkuman
Daftar Pustaka
PEMBELAJARAN MEMBACA
Bahan Ajar Diklat Guru Bahasa Indonesia Madrasah Tsanawiyah
Oleh : Dra.Supraptiningsih,M.Ed
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
Berhasilnya suatu kegiatan pendidikan sangat tergantung pada pengetahuan, sikap, nilai, keterampilan dan komitmen para pelaksana utamanya yaitu guru-guru. Bahan ajar pembelajaran keterampilan membaca tingkat lanjut ini disiapkan sebagai lanjutan dari bahan ajar keterampilan membaca tingkat dasar yang digunakan oleh para instruktur di dalam melatih para peserta diklat tingkat lanjut. Bahan dan materi dapat disesuaikan bila dianggap kurang tepat atau bertentangan dengan norma, praktik budaya daerah yang melaksanakan.
Bahan ajar ini disajikan dalam beberapa bagian antara lain: teori membaca, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran membaca dan macam-macam pem-belajaran membaca yang dapat digunakan oleh para peserta diklat.
Model pembelajaran yang terdapat dalam bahan ajar ini hanya sebagian dari model pembelajaran membaca yang ada. Untuk itu para peserta dituntut untuk me-nyesuaikan dengan model yang ada, memodifikasikan model, mencari model pem-belajaran yang lain sesuai dengan kurikulum yang berlaku, kebutuhan siswa, dan sarana/prasarana yang ada di sekolah.
B. Tujuan
Pada akhir kegiatan para peserta diharapkan dapat merencanakan, mengorgani-sasikan, melaksanakan, memantau, dan menilai kegiatan pembelajaran membaca serta mempersiapkan bahan/materi dan peralatan yang diperlukan dalam proses pembe-lajaran keterampilan membaca dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dinamis serta penilaian pembelajaran membaca dan tindak lanjutnya.
C. Ruang Lingkup
Bahan ajar ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama menyajikan Hakekat membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses membaca serta jenis-jenis atau model pembelajaran keterampilan membaca yang disesuaikan dengan kompetensi standar dan kompetensi Dasar minimal yang harus dicapai oleh satuan pendidikan SMP/MTs. Bagian pertama bahan ajar ini mengulas kembali sedikit tentang apa yang sudah ditulis (bahan ajar tingkat dasar), khususnya tentang hakikat pembelajaran keterampilan membaca dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses keterampilan membaca.
Bagian dua menyajikan model pengembangan pembelajaran keterampilan membaca yang dilengkapi dengan media dan alat evaluasinya sesuai kurikulum yang sedang berlaku.
II. Hakikat dan faktor-faktor yang mempengaruhi Membaca
A. Hakikat Membaca
Membaca merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Banyak ahli yang mempelajari masalah membaca secara akademis menyepakati bahwa apa yang disebut membaca itu adalah suatu proses yang sangat rumit dan unik pula sifatnya. Suatu teori membaca mempunyai nilai dan fungsi tersendiri dalam studi membaca dan pengajarannya.
Pende
Komentar
Posting Komentar